Page

Wednesday, January 20, 2016

Subsidi PLN Daya900WAtt dicabut?

INILAHCOM, Jakarta - Pelanggan listrik kelas 900 VA yang berjumlah 18,6 juta, siap-siap tak mendapat subsidi. PT PLN (Persero) siap menerapkan aturan tarif baru.
Secara bertahap PLN bakal mendata pelanggan rumah tangga kelas 900 VA, yang layak menerima subsidi listrik. Berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT) milik Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), yang layak menerima subsidi listrik dari golongan 900 VA hanya 4 juta pelanggan.
Sementara, total golongan 900 VA berdasarkan data PLN mencapai 22,6 juta rumah tangga. Artinya, ya itu tadi, sebanyak 18,6 juta pelanggan tak lagi bisa menikmati subsidi listrik.
Kepala Divisi Niaga, PT PLN (Persero), Benny Marbun memaparkan, BDT adalah basis data yang dikelola oleh TNP2K, yang berisi data 40% rumah tangga dengan kesejahteraan sosial ekonomi terendah di Indonesia.
Data yang diserahkan oleh Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM kepada PLN pada pertengahan Desember 2015 tersebut, belum memiliki Nomor Identitas Pelanggan (IDPEL).
"Mulai hari ini sampai pertengahan Maret 2016, tugas kita adalah mendata pelanggan yang benar-benar kurang mampu berdasarkan data BDT yang dikelola oleh TNP2K. Kita temukan IDPEL untuk Rumah Tangga Sasaran (RTS) tersebut. Pendataan ini dilakukan untuk memastikan bahwa rumah tangga penerima subsidi adalah yang benar-benar berhak," jelas Benny di Jakarta, Senin (18/1/2016).
Untuk melakukan penugasan tersebut, lanjut Benny, PLN melakukan koordinasi dengan unit-unit PLN di seluruh Indonesia serta jajaran pemerintah mulai pusat, sampai daerah.
Saat ini, pemerintah berupaya menerapkan pemberian subsidi listrik tepat sasaran, yaitu hanya bagi rumah tangga miskin dan rentan.
Dalam hal ini, pemerintah menugaskan PLN untuk memastikan data pelanggan rumah tangga golongan tarif R1/450 VA dan R1/900 VA adalah rumah tangga yang benar-benar berhak disubsidi sesuai data BDT. Pada 2016, perbaikan data pelanggan tarif bersubsidi diprioritaskan pada pelanggan dengan daya 900 VA. [ipe]

1 comment: